Seperempat Abad Visi Horologi Chopard Manufacture
“Dua jalan menyimpang dalam sebuah hutan, dan saya mengambil yang jarang dilalui. Hal itu telah membuat semuanya berbeda," kata Karl-Friedrich Scheufele
5 Apr 2021


Karl-Friederich Scheufele
1 / 2

Karl-Friedrich Scheufele pendiri sekaligus Co-President Chopard Manufacture, merupakan pria dengan banyak talenta. Pada ulang tahun ke-25 Chopard Manufacture, Maison Chopard memberi penghormatan kepada pria yang kepemimpinan visionernya menghubungkan horologi masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

Pada awal 90-an, menjadi permulaan bagi Karl untuk memberi Chopard kemandirian dan legitimasi yang besar sebagai pembuat jam, ia harus mengubahnya menjadi pabrik yang menghasilkan mesin jamnya sendiri. Saat itu dunia pembuatan jam Swiss baru saja pulih dari Krisis Kuarsa di akhir tahun 80-an. Dia tahu bahwa gerakan pertama yang dia buat akan menjadi simbol bagi dunia akan ambisinya untuk koleksi L.U.C dan niatnya untuk berkontribusi pada dunia pembuatan jam. 

Di tahun 1996, Karl mendirikan Chopard Manufacture, visinya dalam membangun Chopard Manufacture adalah kejujuran, otentisitas, dan untuk mengekpresikan integritas terbaik dalam karya-karyanya. Kaliber 1.96 lahir untuk menggambarkan gerakan revolusinya dengan konsep baru. Karl membuat L.U.C dengan sangat eksklusif. Setiap Kaliber 1.96 hadir bersama COSC sertifikat sebagai chronometernya. Semua ini membuka jalan Chopard Manufacture untuk menjadi merek jam tangan berpengaruh di dunia.

Penting bagi Karl untuk tidak hanya melahirkan gerakan-gerakan baru tapi semuanya harus penuh dengan perhitungan dan pertimbangan bagi Chopard Manufacture. Karl ingin menjadikan Choprard Manufacture sebagai inovator dalam dunia jam tangan dunia, dan dapat memberikan dampak baik untuk masyarakat dan dunia.

Pada 2018, Chopard berkomitmen untuk 100% menggunakan “ethical gold” untuk semua produk jam dan perhiasannya. Karl juga meraih Prix Gaïa yang dianggap sebagai “Noble Prize of watchmaking.” Penghargaan itu diberikan berkat ekspansi Chopard yang luar biasa di seluruh dunia. Dan pada 2020, Chopard juga berkerja sama dengan Maison Kiton dan melahirkan L.U.C XP II Sarto Kiton.

Tahun ini, Chopard Manufacture merayakan 25 tahun kejayaannya dan untuk memberikan apresiasi  kepada kerja keras Karl-Friedrich Scheufele menjadikan jam tangan mereka salah satu jam tangan paling menakjubkan yang pernah hadir di dunia fine watchmaking. Karl adalah pria dibalik hadirnya jam tangan yang paling inovatif dan otentik dari Chopard. (HM) Foto: Chopard


 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA