Radikalitas Manusia yang Digambarkan Valentino Lewat Potret Intimnya
Pierpaolo Piccioli meretas kode berpakaian Valentino untuk diakses deretan persona yang menggambarkan sisi radikal aspek kemanusiaan.
17 May 2021


1 / 3

Koleksi Valentino Pre-Fall 2021 sedikit pelik menggambarkan sisi kemanusiaan yang radikal. Bagi Pierpaolo Piccioli, Direktur Kreatif Valentino, tak ada yang lebih radikal dibanding manusia itu sendiri. Manusia mewakili kebenaran, perubahan, dan ketidaksempurnaan. Namun apabila dipikirkan secara lebih mendalam, baginya ada sisi kelembutan yang menyatu dengan radikalisme itu. Sehingga pada akhirnya melahirkan persona masing-masing yang berbeda satu sama lain.

Potret persona itu ia gambarkan lewat jepretan puitif yang menampilkan kepribadian manusia lewat penyatuan pakaian dan jiwa. Dengan latar belakang Roman Palazzo yang menakjubkan, Piccioli seakan mengiaskan cerita di balik koleksinya sebagai sebuah simbol perubahan gaya glamor ke arah yang lebih intim dan spontan. Inilah kode Valentino yang ia coba retas dan sampaikan kepada para penggemarnya.

Piccioli mencoba mengimplementasikan gaya kutur ke dalam koleksi siap pakainya kali ini. Namun ia mengarahkannya agar menjadi lebih berani dan eksperimental sehingga siapapun yang mengenakan koleksi ini dapat berhasrat untuk segera bermain dengan sisinya yang tak terduga. Hal ini didasari oleh pemikiran Piccioli bahwa pada hakikatnya setiap manusia itu bisa menjadi pribadi yang terus berubah sehari-harinya. 

Oleh karena itu, deretan gaya yang saling berdinamika disuguhkan pada koleksi pra musim kali ini. Mulai dari coat bercorak grafis hingga binatang, bahan halus hingga denim, warna klasik hingga berani, semuanya saling menyatu untuk mendukung kepribadian khusus yang ingin ditonjolkan Piccioli. Walau seakan bertentangan namun unsur-unsur tersebut justru sesuai dengan gejolak jiwa manusia itu sendiri.

Mengikuti potret tersebut, koleksi tas Valentino Garavani juga mendapat perhatian khusus. Tas Alcove dengan detail studs yang khas merupakan selebrasi provokatif dan sebuah nyanyian bagi kekuatan cinta. Terangkum dalam warna-warna berani seperti merah dan juga putih yang kontras dengan detail nappa lining merah yang menggoda dan menjadi kunci utama dari koleksi tas musim ini. (JE) Foto: Valentino.
 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA