Pusaran Kreativitas Coco Chanel Dalam Apartemen Peninggalan
Berlokasi di atas butik Chanel di 31 Rue Cambon, Paris, di sana Coco Chanel pernah menorehkan berbagai karya gemilang yang masih dikenang hingga sekarang.
15 May 2021


Tampak depan 31 Rue Cambon dan area tangga menuju apartemen Coco Chanel.
1 / 5

Pengagum mode seakan tak pernah puas dengan deretan biografi dan film yang didedikasikan kepada persona Coco Chanel. Dalamnya kepribadian mendiang Coco begitu membius, ada sisi misterius yang selalu merepresentasikan bayangannya. Sejak kecil perempuan bernama lengkap Gabrielle Bonheur Chanel ini memang sudah eksentrik. Baginya, menjadi pribadi yang berbeda merupakan harga yang harus ia bayar untuk menjadi seseorang yang tak tergantikan.

Bahkan selama hidup, ia hanya mendedikasikan imajinasi luar biasanya pada etalase Chanel dan memilih menolak pinangan Duke of Westminster. “Ada banyak puteri di luar sana, namun hanya ada satu sosok Coco Chanel,” ujarnya gamblang. Ia menjadi contoh gambaran perempuan revolusional, tak ayal apapun yang berkaitan dengan dirinya selalu memiliki magnet pikat yang kuat. 

Peninggalan Coco Chanel juga menjadi aspek paling dicari demi menyelami karakternya secara penuh. Apartemen Coco di atas butik Chanel Couture di 31 Rue Cambon, Paris, merupakan salah satu pusaran kreativitas Coco yang baru saja selesai direnovasi. Di tempat tinggalnya ini, inspirasi Coco datang dan ia menelurkannya dalam karya dan prestasi gemilang.

Apartemen ini memang sudah dilestarikan sejak kematian Coco di tahun 1971 dan telah diklasifikasikan menjadi monumen bersejarah oleh Ministry of Culture di tahun 2013. Benda-benda puitis berupa sofa, lampu hias, miniatur kandang burung, meja konsol, buku, dan sebagainya merupakan pilihan Coco sendiri. Itulah mengapa benda kenangan tersebut memiliki sejuta arti tersirat di belakangnya. 

Furnitur yang ada di sana tak sembarang dipilih. Harus ada pertempuran era, gaya, dan peradaban di dalamnya. Merupakan benda koleksi Coco saat ia berkeliling dunia sehingga banyak perpaduan unsur di sana. Sebut saja unsur Tiongkok yang mewarnai, padahal Coco tak pernah menyambangi negeri tirai bambu tersebut. Begitu pula dengan benda ia dapat saat berlibur di Venisia. Perpaduan berbagai ornamen yang mewarnai apartmentnya seolah menjadi saksi bisu perjalanan hidupnya.

Tempat tinggal tersebut juga kerap masih menjadi bagian penting dari koleksi-koleksi yang dilahirkan oleh para penerus Coco. Sumber inspirasi bernapaskan Chanel tulen ada di sana. Baru-baru ini, fotografer Inez dan Vinoodh baru saja mengabadikan salah satu kampanye Chanel Cruise di apartment ini. Membangkitkan kembali memorabilia figur pendiri Chanel yang masih diidolakan tanpa batas waktu. (JE) Foto: Chanel.

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA