Inovasi Daur Ulang Limbah Plastik dalam Rupa Tas Anyam Kontemporer Persembahan Rajoet Gawenan
Memadukan teknik anyaman tradisional Indonesia dengan prinsip daur ulang, Rajoet Gawenan menghadirkan desain yang segar dan trendi dalam pergelaran busana Lakon JF3
6 Aug 2024



Terkenal dengan produk andalannya yang melestarikan teknik anyaman tradisional Indonesia dalam rupa produk kontemporer, Rajoet Gawenan kembali membawakan ide segar pada kesempatan Lakon JF3. Dalam presentasi kali ini, Rajoet menyadur inspirasi dari empat karakter utama perempuan, yakni Carrie, Miranda, Samantha, dan Charlotte yang menguarkan aura kuat dan mandiri pada film Sex and the City. Desain anyaman klasik berpadu manis dengan rona cerah dan aksentuasi bunga yang menawan. Infusi bunga menjadi lambang kekuatan dalam femininitas perempuan. 


Tak hanya menawarkan desain produk yang distingtif, Rajoet Gawenan juga mengedepankan prinsip ramah lingkungan dengan membaurkan plastik daur ulang, LLDPE (Linear Low-Density Polyethylene) dengan material rajut. Setiap karya yang dipersembahkan disejajarkan dengan berlandaskan visi “Preserving culture, respecting tradition” dan “Fashion that cares.” Koleksi ini menginspirasi industri mode untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan prinsip berkelanjutan. Selain itu, koleksi ini menjadi contoh jika bahan daur ulang dapat menjadi produk kontemporer yang menarik dan trendi.

Telah berjalan selama lima tahun lamanya, Rajoet Gawenan telah berhasil mendaur ulang sejumlah 180.000 botol plastik dan membantu 50 penganyam perempuan. Edukasi dan inovasi berlandaskan prinsip keberlanjutan terus digalakan dari waktu ke waktu, dimulai dari perubahan kecil yang berdampak besar di masa yang akan datang. 

Penulis: Elizabeth Alicia Terisno



 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA