Fuguku Membawa Imaji Petualangan Luar Angkasa ke Coterie New York
Fuguku akan memperkenalkan koleksi terbarunya yang bertajuk "Way of Water."
19 Sep 2024



Sebagai salah satu jenama lokal yang terpilih oleh Indonesian Fashion Forward (IFF), Fuguku akan berpartisipasi dalam ajang trade show Coterie di New York. IFF merupakan platform akselerasi bisnis di bawah naungan Jakarta Fashion Week (JFW) yang menyediakan edukasi komprehensif bagi para desainer. Untuk Coterie, IFF mengajak delapan jenama busana dan sembilan jenama aksesori dari Indonesia ke pameran dagang fashion terbesar di Amerika Serikat tersebut.

 

“Way of Water”

Di ajang Coterie New York, Fuguku akan memperkenalkan koleksi terbarunya yang bertajuk "Way of Water." Menurut Savira Lavinia, CEO dan desainer Fuguku, rancangannya masih mengambil inspirasi oleh warna dasar laut, makhluk laut, dan terumbu karang. Sebagai pengembangannya, koleksi ini mengangkat pula keindahan alam kosmis yang kaya akan warna-warna berani dan bentuk organik yang unik.

“Saya tertarik sekali dengan luar angkasa, dan dari situ pula saya mengambil inspirasi untuk koleksi kali ini,” ujar Savira di konferensi pers Fuguku Goes to Coterie pada Rabu (18/9) siang di BAKU Jakarta.

Menurutnya, “Way of Water” menggambarkan imajinasi petualangan ke luar angkasa. Ada warna-warna cerah dalam bentuk-bentuk organic, yang mencerminkan keindahan hutan yang asri hingga lautan luar angkasa yang misterius.

 

Desain inovatif

Konsep "Way of Water" diinterpretasikan secara kreatif dalam desain busana tiga dimensi yang inovatif. Teknik pewarnaan tie-dye dikembangkan untuk menghasilkan koleksi ready-to-wear yang menawan. Outerwear, celana, gaun, dan aksesori dalam koleksi ini menggabungkan inspirasi "Way of Water" dengan ciri khas Fuguku. Tak ketinggalan, tas Fugu hadir dengan beragam warna dan varian baru, termasuk kreasi teranyarnya, Fugu shell bag.

“Fuguku ini unik karena desainnya yang tak biasa. Yang khas dari Fuguku yaitu bentuknya yang mirip ikan buntal atau fugu. Selain menawarkan estetika yang unik, saya berharap Fuguku dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan memberdayakan para perajinnya," kata Savira lagi.

 

Upaya menembus pasar global

Fuguku berharap keikutsertaannya di Coterie New York dapat membuka peluang baru dan memperluas jangkauan pasarnya. Selain Fuguku, jenama aksesori yang akan hadir di sana antara lain Aidan & Ice, BYO, Christin Wu, EPA Jewel, MAHIJA, Tulola, Tigah, dan I Got ISSHU. Sementara dari jenama busana meliputi ANW, Jan Sober, MORAL, Sapto Djojokartiko, Sejauh Mata Memandang, Sebastian Red, Sukkhacitta, dan TOTON.

Melalui kerja sama antara Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Fashion Week (JFW), serta dukungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, label-label ini tidak hanya menampilkan estetika Indonesia, tetapi juga mendefinisikan ulang batasan kreativitas di dunia mode. Dari Modest Contemporary hingga Premium Ready-to-Wear, mereka membuka jalan baru bagi Indonesia di kancah mode internasional, menginspirasi dunia dengan cerita dan seni fashion yang autentik. (MAR)

Foto: Dok. Fuguku

 

 


Topic

fashion

Author

DEWI INDONESIA