7 Fakta Unik dan Menarik Seputar Olimpiade Paris 2024
Mengungkap sisi-sisi tersembunyi dari Olimpiade Paris 2024 yang penuh kejutan
7 Aug 2024


Ajang perlombaan olahraga empat tahunan Olimpiade kembali dilaksanakan. Olimpiade 2024 berlokasi di Paris dan diikuti oleh 182 negara, 32 cabang olahraga dan, 10.500 atlet dari seluruh dunia. Menjadi salah satu pertandingan olahraga paling bergengsi, Olimpiade Paris memiliki beberapa fakta menarik.

1. Pembukaan Olimpiade berlangsung di Sungai Seine.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade, Upacara Pembukaan tidak akan diadakan di stadion. Sebaliknya, Paris akan memulai perayaan tersebut dengan parade perahu menyusuri Sungai Seine pada tanggal 26 Juli. Mengambang sejauh 3 ½ mil melalui jantung kota Paris, 10.500 atlet, pelatih, pemimpin dan staf akan berangkat dari Jembatan Austerlitz, dekat Jardin des Plantes, dan berakhir di Jembatan Iéna di depan Menara Eiffel di Trocadéro. 

 

2. Ini adalah Seratus Tahun Pertandingan Olimpiade di Perancis


Tahun 2024 menandai 100 tahun sejak Prancis menjadi tuan rumah acara Olimpiade yang sangat bersejarah. Pada tahun 1924, desa Alpen di Chamonix menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pertama, dan beberapa bulan kemudian, Olimpiade Musim Panas diadakan di Paris. Pertama kali Olimpiade diadakan tepat pada tahun 1900. Setelah itu hadir Olimpiade Chamonix Pada tahun 1924, tepat seratus tahun kemudian Prancis menjadi tuan rumah lagi bagi Olimpiade Dunia pada tahun 2024. 

 

 

 3. Olimpiade mengahdirkan Olahraga baru yaitu : Breakdancing 


Breaking atau terkenal sebagai Breakdancing berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Setelah sukses gemilang sebagai olahraga eksibisi pada Youth Olympic Games di Buenos Aires pada tahun 2018, Komite Olimpiade telah resmi meresmikannya sebagai perebutan medali di Paris Games. Kompetisi akan diadakan di Place de la Concorde, tepat di luar Taman Tuileries. Terdiri dari dua event : satu untuk pria dan satu untuk wanita, 16 “B-Boys” dan 16 “B-Girls” akan saling berhadapan dalam pertarungan solo demi meraih medali emas. 

Breaking akan bergabung dengan jajaran olahraga baru yang diperkenalkan di Tokyo pada tahun 2020 yang mencakup skateboard, panjat tebing, dan selancar.

 

 

4. Maskot Olimpiade 2024 adalah Topi Frigia.

Tim desain untuk setiap Olimpiade harus menghadirkan maskot yang menyenangkan namun simbolis untuk menyemangati para atlet dan mewakili semangat negara tuan rumah. Dengan kebebasan dan kebebasan sebagai inti identitas Prancis, Paris membuat pilihan yang agak tidak konvensional: topi Phyrgian. 

 

 
5. Pertandingan diselenggarakan tidak hanya di Paris, tapi di seluruh negeri.

 

Meskipun ibu kota Prancis akan menjadi pusat Olimpiade, kompetisi diadakan di seluruh negara. Tujuan negara tuan rumah adalah untuk menampilkan kekayaan dan keragaman warisan tanah dan budaya mereka. 

Salah satu olahraga paling populer di Prancis, sepak bola diadakan di beberapa stadion yang ada di seluruh wilayah Bordeaux, Nantes, Lyon, Saint-Etienne, Nice dan Marseille. Marseille juga akan menjadi tuan rumah acara berlayar Olimpiade di Laut Mediterania. Sedangkan di utara, Lille akan menggelar olahraga beregu seperti bola basket dan bola tangan.

 

 
 

6. Desain Poster Olimpiade dan Paralimpiade yang ikonik telah digabungkan menjadi satu bagian yang berkesinambungan.


Sejak Olimpiade Stockholm pada tahun 1912, Komite Penyelenggara Olimpiade telah membuat desain poster yang dimaksudkan untuk menampilkan simbol negara tuan rumah dan menggambarkan semangat dari kompetisi tersebut. Untuk Paris 2024, Ugo Gattoni, seorang ilustrator Perancis, menerima tantangan ini  dan memastikan untuk tidak melewatkan detail apa pun! Gaya khasnya, yang ditandai dengan fantasi dan surealisme, menggambarkan semangat acara yang kompleks namun bersemangat.

Sesuai dengan temanya, “Games Wide Open,” Gattoni, yang sebelumnya pernah bekerja dengan rumah mode mewah Prancis memproduksi sepasang desain poster pelengkap untuk Olimpiade dan Paralimpiade. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade kedua poster tersebut digabungkan menjadi satu desain!

 

7. Pengunjung dapat bertemu dengan para atlet dan menyaksikan pertunjukan setiap hari di Champions Park.


Champions Park, di depan Menara Eiffel di Trocadéro, akan menawarkan kesempatan kepada penduduk lokal, pengunjung, dan penonton untuk bertemu dengan atlet Olimpiade dan menyaksikan pertunjukan artistik yang unik setiap malam mulai pukul 17:30. Pertunjukan ini mengajak penggemar untuk menyaksikan dan meramaikan energi olimpiade maka dari itu tiket berbentuk gratis untuk semua orang. Di taman, juga akan ada layar raksasa yang menyiarkan acara olahraga besar secara langsung mulai pukul 19:30 hingga 23:30. setiap malam.

 



ERLYZZA 
Foto: DOK. Istimewa
 

 

Author

DEWI INDONESIA